--> Skip to main content

Wudlu Nabi SAW (Hadits no 36-37)

 

٣٦. عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُوْلِ اللّٰهِ ص اَنَّهُ قَالَ (لَوْلَا اَنْ اَشُقَّ عَلَى اُمَّتِيْ لَاَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ وُضُوْءٍ) اَخْرَجَهُ مَالِكٌ وَاَحْمَدُ وَالنَّسَاﺋِﻲُّ وَصَحَّهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ وَذَكَرَهُ الْبُخَارِيُّ تَعْلِيْقًا

36. Dari Abi Hurairah, dari Rasulullah SAW bahwasannya beliau pernah bersabda: “Jika tidak aku menyebabkan kesusahan atas ummatku, niscaya aku perintah mereka bersugi di tiap-tiap (kali) berwudlu”. Dikeluarkan-dia (Hadits itu) oleh Malik dan Ahmad, Nasa-i’ dan dishahkan-dia oleh Ibnu Khuzaimah, dan Bukhari sebut-dia sebagai ta’liq.

Haditsnya: Shah.

Maksudnya: Menganjurkan membersihkan gigi tiap-tiap kali berwudlu.

Hukumnya: Sunnah.

٣٧. عَنْ حُمْرَانَ اَنَّ عُثْمَانَ دَعَا بِوُضُوْءٍ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثَلَاثَ مَرَّاةٍ، ثُمَّ تَمَضْمَضْ، وَاسْتَنْشَقَ، وَاسْتَنْثَرَ، ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُمْنَى اِلَى الْمِرْفَقِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ الْيُسْرَى مِثْلَ ذٰلِكَ، ثُمَّ قَالَ: رَاَيْتُ رَسُوْلُ اللّٰهِ ص تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوْﺋِﻲْ هٰذَا مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

37. Dari Humran, bahwasannya ‘Utsman minta air wudlu, lalu ia cuci tangannya tiga kali; kemudian ia berkumur-kumur dan menaikkan air ke hidung dan menghembuskannya, kemudian ia cuci mukanya tiga kali, kemudian ia cuci tangannya yang kanan sampai sikut tiga kali, kemudian yang kiri seperti demikian, kemudian ia usap kepalanya, kemudian ia cuci kakinya yang kanan sampai mata kaki tiga kali, kemudian yang kiri seperti demikian, kemudian ia berkata: “Saya pernah melihat Rasulullah SAW berwudlu seperti wudlu saya ini”. Muttafaq ‘Alaih (Hadits disepakati atasnya oleh Bukhari-Muslim).

Haditsnya: Shah.

Maksudnya: Menerangkan cara wudlu Nabi SAW.

Hukumnya: Sebagai ketentuan.

Demikianlah terjemah Hadits no 36-37 dari Kitab Thaharah Bab Wudlu, semoga bermanfaat.
Wassalam.

 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Bulughul Maram di smartphone tanpa install, buka Bulughul Maram dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon titik 3 di pojok kanan atas pada browser, kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Bulughul Maram dari layar utama smartphone Anda.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal atau dengan Pulsa, Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain Bulughul Maram - Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Install aplikasi Bulughul Maram

Tambahkan aplikasi Bulughul Maram di smartphone tanpa install, buka Bulughul Maram dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Bulughul Maram dari layar utama smartphone Anda.